Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli
1. Plato (filosof Yunani yang hidup dari tahun 429 SM-346 M) mengatakan
bahwa : “Pendidikan itu ialah membantu perkembangan masing-masing dari
jasmani dan akal dengan sesuatu yang memungkinkan tercapainya
kesemurnaan.”
2. Aristoteles (filosof terbesar Yunani, guru Iskandar
Makedoni, yang dilahirkan pada tahun 384 SM-322 SM) mengatakan bahwa :
“Pendidikan itu ialah menyiapkan akal untuk pengajaran”.
3. Ibnu
Muqaffa (salah seorang tokoh bangsa Arab yang hidup tahun 106 H- 143 H,
pengarang Kitab Kalilah dan Daminah) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu
ialah yang kita butuhkan untuk mendapatkan sesuatu yang akan menguatkan
semua indera kita seperti makanan dan minuman, dengan yang lebih kita
butuhkan untuk mencapai peradaban yang tinggi yang merupakan santaan
akal dan rohani.”
4. Herbert Spencer (filosof Inggris yang hidup
tahun 1820-1903 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu ialah menyiapkan
seseorang agar dapat menikmati kehidupan yang bahagia.”
5. Rousseau
(filosof Prancis, 1712-1778 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan ialah
pembekalan diri kita dengan sesuatu yang belum ada pada kita sewaktu
masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya di waktu dewasa”.
6.
James Mill (filosof Inggris, 1773-1836) mengatakan bahwa : “Pendidikan
itu harus menjadikan seseorang cakap, agar dia menjadi orang yang
senantiasa berusaha mencapai kebahagiaan untuk dirinya terutama dan
untuk orang lain selainnya.”
7. John Stuart Mill (filosof Inggris,
1806-1873 M) mengatakan bahwa : “Pendidikan itu meliputi segala sesuatu
yang dikerjakan oleh seseorang untuk dirinya atau yang dikerjakan oleh
orang lain untuk dia, dengan tujuan mendekatkan dia kepada tingkat
kesempurnaan.”
8. John Dewey (filosof Chicago, 1859 M - 1952 M) mengatakan bahwa : "
Pendidikan adalah membentuk manusia baru melalui perantaraan karakter
dan fitrah, serta dengan mencontoh peninggalan - peninggalan budaya lama
masyarakat manusia."
9. Jean-Jacques Rousseau (filosof swiss
1712-1778) menurutnya : “Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang
tidak ada pada masa anak-anak, tetapi kita membutuhkannya di waktu
dewasa.”
10. Langeveld adalah seorang ahli pendidikan bangsa Belanda
Ahli ini merumuskan pengertian pendidikan sebagai berikut : “Pendidikan
adalah bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa
kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar
anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan
bantuan orang lain”
11. Ki Hajar Dewantara (Bapak Pendidikan Nasional
Indonesia, 1889 - 1959) merumuskan pengertian pendidikan sebagai
berikut : “Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi
pekerti ( karakter, kekuatan bathin), pikiran (intellect) dan jasmani
anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya”.
12. wikipedia :
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana
belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan
meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat
dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan
dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk
mengajar kebudayaan melewati generasi.
13. Menurut M.J. Langeveld,
pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan
yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan
atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
14.
Menurut H. Horne, pendidikan adalah proses yang terus menerus (abadi)
dari penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk manusia yang telah
berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan,
seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan
kemanusiaan dari manusia.
15. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
(1991), pendidikan diartikan sebagai proses pembelajaran bagi individu
untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai
obyek-obyek tertentu dan spesifik. Pengetahuan tersebut diperoleh secara
formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan perilaku sesuai
dengan pendidikan yang telah diperolehnya.
16. Thompson, 1993 :
Pendidikan merupakan pengaruh lingkungan terhadap individu untuk
menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku,
pikiran dan sikapnya.
17. Sedangkan Darnelawati (1994) berpendapat
bahwa pendidikan formal adalah pendidikan di sekolah yang berlangsung
secara teratur dan bertingkat mengikuti syarat-syarat yang jelas dan
ketat. Tujuan pendidik adalah untuk memperkaya budi pekerti, pengetahuan
dan untuk menyiapkan seseorang agar mampu dan trampil dalam suatu
bidang pekerjaan tertentu.
18. Crow (dalam Supriyatno, 2001)
mengatakan bahwa pendidikan diinterpretasikan dengan makna untuk
mempertahankan individu dengan kebutuhan-kebutuhan yang senantiasa
bertambah dan merupakan suatu harapan untuk dapat mengembangkan diri
agar berhasil serta untuk memperluas, mengintensifkan ilmu pengetahuan
dan memahami elemen-elemen yang ada disekitarnya. Pendidikan juga
mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai akibat dari partisipasi
individu dalam pengalaman-pengalaman dan belajar.
Casinos Near Casinos Near Casinos, NV - Mapyro
BalasHapusBest Casinos Near Casinos in 군산 출장마사지 Las Vegas. 포천 출장마사지 List 광주광역 출장마사지 of all Casinos with 사천 출장안마 Casinos Near Casinos in 목포 출장안마 Las Vegas, NV.